SMK N 8 Semarang Sukses Gelar UNBK

SMK N 8 Semarang Sukses Gelar UNBK

Jumat, 06 April 2018 | 08:02:14 WIB Diposting oleh : Humas SMKN 8 Semarang | Dibaca: 2891 kali


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT).

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMK di SMK N 8 Semarang, dimana tahun ini merupakan tahun ketiga menerapkan sistem UNBK yang dilaksanakan selama 4 hari berjalan dengan lancar, tanpa kendala.

Pelaksanaan UNBK SMK ini berlangsung mulai dari hari Senin tanggal 2 April 2018 hingga Kamis 5 April 2018 dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.             

UNBK  pada tahun ini diikuti oleh 390 siswa SMK N 8 Semarang yang terdiri dari jurusan Perawatan Sosial, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia dan Teknik Komputer  Jaringan. Untuk melayani siswa sejumlah tersebut, SMK N 8 Semarang menyiapkan 10 Laboratorium Komputer dengan rincian 10 server utama dan 3 server cadangan. Selain itu dari sisi client atau komputer peserta, masing-masing setiap laboratorium komputer disediakan 36 komputer client. Jumlah penyediaan laboratorium komputer di SMK N 8 Semarang ini merupakan jumlah terbanyak dibandingkan sekolah lain di Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Selain penyediaan laboratorium komputer, SMK N 8 Semarang juga menyiapkan genset jika dalam pelaksanaan UNBK, listrik dari PLN mengalami kendala.Penyediaan fasilitas untuk UNBK baik dari sisi sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia seperti panitia, proktor, teknisi dan pengawas merupakan wujud keseriusan SMK N 8 Semarang dalam melayani peserta didik agar dapat fokus dalam melaksanakan ujian dan juga dalam upaya mendukung pemerintah dalam mensukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer.


0 Komentar :