Studi Tiru SMK Asta Mitra Purwodadi keSMKN 8 Semarang:Mengembangkan Kurikulum Praktik Kerja Lapangan

Studi Tiru SMK Asta Mitra Purwodadi keSMKN 8 Semarang:Mengembangkan Kurikulum Praktik Kerja Lapangan

Selasa, 04 Juni 2024 | 06:57:33 WIB Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 157 kali


Kamis, 30 Mei 2024, SMK Asta Mitra Purwodadi melaksanakan kegiatan studi tiru ke SMKN 8 Semarang. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai dan bertujuan untuk pengembangan kurikulum, khususnya dalam pelaksanaan kegiatan praktik kerja lapangan (PKL).

Kunjungan ini diikuti oleh sejumlah guru dan staf SMK Asta Mitra Purwodadi yang antusias untuk mempelajari dan mengadopsi praktik terbaik dari SMKN 8 Semarang. Sebagai salah satu SMK unggulan di Semarang, SMKN 8 Semarang telah berhasil menerapkan kurikulum PKL yang efektif dan inovatif, sehingga menjadi acuan bagi SMK lain dalam mengembangkan program serupa.

Setibanya di SMKN 8 Semarang, rombongan SMK Asta Mitra Purwodadi disambut hangat oleh pihak tuan rumah. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala SMKN 8 Semarang yang menyampaikan pengenalan singkat tentang sejarah, visi, misi, dan prestasi yang telah dicapai oleh sekolah tersebut. Selanjutnya, dilanjutkan dengan presentasi mengenai struktur dan implementasi kurikulum PKL di SMKN 8 Semarang.

Presentasi ini mencakup berbagai aspek penting, seperti:

Penyusunan Kurikulum PKL: Proses perencanaan dan pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Kerjasama dengan Industri: Strategi dalam menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan dan instansi untuk menempatkan siswa pada tempat PKL yang sesuai dengan kompetensi mereka.

Monitoring dan Evaluasi: Mekanisme pemantauan dan evaluasi pelaksanaan PKL untuk memastikan siswa mendapatkan pengalaman kerja yang maksimal.

Para peserta studi tiru juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa fasilitas praktik yang dimiliki oleh SMKN 8 Semarang. Mereka melihat langsung bagaimana siswa melaksanakan kegiatan PKL di bengkel, laboratorium, dan ruang praktik lainnya yang dilengkapi dengan peralatan modern sesuai dengan standar industri.

Selain itu, dilakukan diskusi interaktif antara guru-guru dari kedua sekolah, membahas tantangan dan solusi dalam pelaksanaan PKL. Pertukaran ide dan pengalaman ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi SMK Asta Mitra Purwodadi untuk mengembangkan kurikulum PKL yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

Kegiatan studi tiru ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama sebagai simbol kerjasama yang baik antara kedua sekolah. Kepala SMK Asta Mitra Purwodadi menyampaikan terima kasih atas sambutan dan informasi berharga yang diberikan oleh SMKN 8 Semarang. Beliau berharap agar hasil dari studi tiru ini dapat segera diimplementasikan di sekolahnya, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk siap kerja di dunia industri.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan SMK Asta Mitra Purwodadi dapat terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan dunia kerja, serta mampu mencetak lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi.