Usung Budaya Tradisional di Era Kemajuan GEN-Z,SMK N 8 Semarang Peringati Hari Kartini dengan AKSARA

Usung Budaya Tradisional di Era Kemajuan GEN-Z,SMK N 8 Semarang Peringati Hari Kartini dengan AKSARA

Jumat, 03 Mei 2024 | 10:11:27 WIB Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 179 kali


Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia merayakan Hari Kartini untuk mengenang jasa Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan nasional yang memperjuangkan emansipasi perempuan dan pendidikan bagi kaum wanita di Indonesia pada awal abad ke-20. Di sekolah-sekolah, peringatan Hari Kartini bukan hanya sebuah tradisi, tetapi juga momen penting untuk mengajarkan nilai-nilai kesetaraan gender, keberanian, dan keberagaman kepada para siswa.

Di banyak sekolah, peringatan Hari Kartini diadakan dengan berbagai kegiatan yang kreatif dan edukatif. Hal tersebut juga diadakan di SMK N 8 Semarang. Mengusung Budaya Tradisional di Era Kemajuan GEN-Z, OSIS SMK N 8 Semarang memperingati Hari Kartini dengan menggelar Ajang Kreativitas Kartinian Snapan Bersama atau disingkat dengan AKSARA. Terdapat beberapa mata lomba yang diadakan oleh OSIS SMK N 8 Semarang   yang dilaksanakan selama 2 hari , pada tanggal  24 – 25 April 2024. Mata lomba tersebut diantaranya ada Grobak Sodor, Ladies On The Shoot (LOTS), dan Duta Bahasa, yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI ( perwakilan per kelas ).

Grobak Sodor merupakan permainan tradisional Indonesia yang dimainkan oleh beberapa anak secara berkelompok dengan kekompakan dan kerjasama di setiap kelompoknya yang secara tidak langsung terdapat penerapan nilai – nilai P5.

Selain grobak sodor, lomba dan kompetisi yang lainnya adalah lomba Duta Bahasa di mana dalam mata lomba ini siswa menyampaikan pidato tentang perjuangan Kartini dengan tema Emansipasi Wanita. Lomba ini menggambarkan semangat siswa dalam meniru perjuangan Kartini dalam kesetaraan gender. Melalui kegiatan-kegiatan ini, siswa-siswi tidak hanya diajak untuk mengingat jasa Kartini saja tetapi juga untuk merenungkan dan menginternalisasi nilai-nilai yang beliau perjuangkan, serta mengajak Kartini masa kini untuk terus semangat dalam aksi nyata membangun dan memajukan Indonesia.

Tak hanya itu, peringatan Hari Kartini di sekolah juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya yang melibatkan siswa mengembangkan bakat dengan mengekspresikan keahlian pribadi siswi dalam tata kecantikan. Misalnya, siswi dapat merias wajah teman perempuan dengan kemampuan yang dimiliki.

Peringatan Hari Kartini di SMK N 8 Semarang juga mendapatkan dukungan dari para sponsor ship dari Indosat Oredoo Three, OMG cosmetic, Oti Chicken.

Melalui berbagai kegiatan tersebut, peringatan Hari Kartini di sekolah bukan hanya menjadi sebuah acara rutin dalam kalender pendidikan, tetapi juga menjadi wahana untuk membentuk generasi muda yang sadar akan pentingnya kesetaraan gender dan memegang teguh semangat Kartini dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik dan lebih adil bagi semua warganya.