SMK N 8 Semarang Laksanakan ANBK dengan Lancar

SMK N 8 Semarang Laksanakan ANBK dengan Lancar

Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:34:19 WIB Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 610 kali


Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Mengutip laman anbk.kemdikbud.go.id, Selasa (30/8/2022), Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilaksanakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar, mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Peserta ANBK adalah siswa kelas 5, 8, dan 11 yang dipilih secara acak oleh pemerintah, guru, dan kepala sekolah tiap satuan pendidikan. Pada bulan Agustus ini, SMK Negeri 8 Semarang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan dari Asesmen Nasional ini. Diawali dengan kegiatan Survey Lingkungan Belajar untuk guru dan kepala sekolah, yang telah sukses dilaksanakan secara daring pada tanggal 1-10 Agustus 2022.

Kegiatan Asesmen Nasional ini dilanjutkan dengan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar  untuk siswa kelas XI yang telah dipilih secara acak oleh pemerintah. ANBK yang dilaksanakan SMK N 8 Semarang pada 29-30 Agustus 2022 untuk kelas XI ini, diikuti oleh 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan dengan menggunakan 3 lab, dimana masing-masing lab digunakan untuk 15 peserta. Dengan menggunakan 3 lab dalam pelaksanaannya, sehingga SMK N 8 Semarang sudah terpenuhi hanya dengan  mengikuti 1 sesi pada pukul 07.00 – 09.30 WIB.

Dalam pelaksanaan ANBK untuk siswa ini, SMK N 8 Semarang menggunakan moda full online. Kegiatan yang berlangsung 2 hari ini, ANBK di SMK N 8 Semarang dilaksanakan dengan lancar. Agar pengawasan  siswa dapat objektif dan maksimal, pengawasan ANBK dilakukan secara silang dari sekolah lain. Adapun pengawas tersebut antara  lain, Ibu Wulan Ristanti, S.E dari SMK Kristen Terang Bangsa, Ibu Rina Dwi Noviani, S.Pd dari SMK PGRI 01 Semarang, Ibu Nanik Rusmiyati, S.Pd. dari SMK 17 Agustus 1945, dan Ibu Rr. Mira Mardiana K., S.Pd dari SMK PGRI 01 Semarang.