SMK N 8 Semarang Laksanakan Kegiatan Donor Darah Serta Penjaringan dan Penyuluhan Kesehatan

SMK N 8 Semarang Laksanakan Kegiatan Donor Darah Serta Penjaringan dan Penyuluhan Kesehatan

Selasa, 30 Agustus 2022 | 08:46:23 WIB Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 559 kali


Setiap menit terdapat 1 (satu) orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Indonesia diperkirakan membutuhkan sekitar 5,1 juta kantong darah setiap tahunnya. Berdasarkan data PMI, stok darah di Indonesia mencapai 84.179 kantong per 29 Agustus 2022 pukul 14.31 WIB. Sedangkan untuk di Kota Semarang sendiri, stok Whole Blood  per 30 Agustus 2022 pukul 07.00 WIB sudah mulai menipis, dimana stok aman harian yang harus tersedia adalah 120 kantong, tetapi hanya tersedia 47 kantong di PMI Kota Semarang.

Oleh karena itu, SMK Negeri 8 Semarang bekerjasama dengan PMI Kota Semarang melaksanakan kegiatan donor darah pada hari Senin, 29 Agustus 2022 yang mulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan kepedulian sekolah demi membantu Palang Merah Indonesia (PMI) khususnya wilayah Kota Semarang dalam memenuhi kebutuhan stok darah yang menipis serta melatih kepedulian bersama. Dalam kegiatan ini, tampak antusiasme peserta yang ikut berpartisipasi, terlihat dari jumlah peserta yang terdiri dari guru, karyawan, peserta didik dan pendonor dari luar SMK Negeri 8 Semarang yang mencapai kurang lebih 85 orang. Namun, dikarenakan pendonor yang harus memenuhi syarat donor darah serta batas waktu yang terbatas dalam pengambilan darah dari PMI Kota Semarang, sehingga maksimal diperoleh 38 pendonor yang bisa diambil darahnya.

Mental Health Foundation menyebut, donor darah dapat mengurangi stres, meningkatkan persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup (emotional well-being), baik untuk kesehatan tubuh, membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki dan mengurangi perasaan kesepian (isolation).

Lebih jauh lagi, penelitian pun membuktikan berbagai manfaat donor darah terhadap kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin (dengan jarak minimal 3 bulan). Manfaat tersebut antara lain:

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Meningkatkan produksi sel darah merah
  3. Penunjang diet dan pembakaran kalori yang cukup ampuh
  4. Usir hipertensi
  5. Menurunkan risiko kanker
  6. Deteksi penyakit serius
  7. Hidup lebih lama

Selain kegiatan donor darah, SMK Negeri 8 Semarang bekerjasama dengan Puskemas Pandanaran Kota Semarang pada Senin 29 Agustus 2022 juga melaksanakan Kegiatan Penjaringan dan Penyuluhan Kesehatan yang bertempat di Wolu Senior Hotel (WSH) dan RSG 1. Kegiatan Penjaringan Kesehatan ini meliputi pengecekan berat badan, tinggi badan, fisik tubuh, penglihatan dan pendengaran, tes buta warna, tekanan darah, gula darah dan parameter kesehatan lainnya. Bersamaan dengan penjaringan kesehatan tersebut, bertempat di RSG 1 dilaksanakan Penyuluhan Kesehatan antara lain tentang NAPZA.

Berita dalam bentuk video bisa dilihat di tautan berikut:

https://vt.tiktok.com/ZSRUCAxQ2/