Penerimaan Tamu Tegak Gugus Depan dan Pelantikan Bantara Ambalan

Penerimaan Tamu Tegak Gugus Depan dan Pelantikan Bantara Ambalan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 08:52:20 WIB Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 1873 kali


Pangkalan SMK Negeri 8 Semarang pada hari Jum’at, 22 Juli 2022 yang dimulai pukul 13.00 WIB mengadakan Penerimaan Tamu Tegak Gugus Depan 11.077 – 11.078

Kegiatan ini merupakan program rutin Dewan Ambalan “Tat Twam Asi” yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X siswa SMK Negeri 8 Semarang serta untuk melanjutkan tugas pokok dewan ambalan sekaligus sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat penegak bantara. Selain Penerimaan Tamu Tegak Gugus Depan 11.077 – 11.078, kegiatan ini juga sekaligus Pelantikan Bantara Ambalan “Tat Twam Asi”.  Penegak Bantara adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelumPenegak Laksana.

Perlu diketahui untuk mengikuti pelantikan penegak bantara ini, para calon sebelumnya telah menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam syarat-syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara, yang terdiri dari 5 unsur pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

Prosesi pelantikan pramuka penegak bantara berlangsung khidmat dan tertib dilaksanakan di lapangan SMK Negeri 8 Semarang. Diawali dari pembacaan laporan ketua panitia, prosesi adat, pembacaan surat keputusan pelantikan, tanya jawab kepada calon penegak bantara, pengucapan tri satya, dan diakhiri pelantikan ditandai dengan penyiraman air suci oleh Kamabigus yaitu Kak Harti, S.Pd., M.Kom.