Workshop dan Sosialisasi Bersama Kadisdikbud Provinsi Jawa Tengah di SMK N 8 Semarang

Workshop dan Sosialisasi Bersama Kadisdikbud Provinsi Jawa Tengah di SMK N 8 Semarang

Selasa, 29 Maret 2022 | 09:48:52 WIB Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 146 kali


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd., hari Selasa 29 Maret 2022, tepat mulai pukul 08.00 WIB membuka kegiatan dan menjadi narasumber "Sosialisasi Pengembangan Kinerja Guru dan Karyawan" serta "Workshop Project Based Learning (PjBL) di SMK Negeri 8 Semarang.

Kepala SMK Negeri 8 Semarang, Harti, S.Pd., M.Kom, dalam sambutannya melaporkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari dan diikuti oleh seluruh guru serta karyawan di SMK Negeri 8 Semarang dan bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dan karyawan SMK N 8 Semarang.

Hadir bersama Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd, Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah Drs. Wisnu Zaroh, M.Si, Pengawas Pembina SMK N 8 Semarang Drs. Pandoyo Edi Hartomo, M.Pd. serta Ketua Komite Sekolah Aris Suharyo, A.Md.

Dalam sambutan dan pemaparan materi dari Ibu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, beliau menyampaikan bahwa lulusan SMK sebagai penyumbang angka pengangguran di Indonesia. Sehingga perlu ada terobosan dalam mengurangi angka pengangguran tersebut, diantaranya para lulusan SMK harus bisa lebih optimal bila memiliki 'BMW' yaitu Bekerja, Melanjutkan (kuliah), dan Wirausaha, serta harus mampu membaca kesempatan dan peluang baru pekerjaan di masa depan, dimana banyak pekerjaan yang di "otomatisasi". Selain itu juga siswa harus memiliki karakter yang kuat sehingga menjadi keunggulan dari siswa tersebut.

Setelah pembukaan acara secara resmi oleh Kadinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, agar suasana kegiatan menjadi lebih mencair, Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd., M.Pd. menunjukkan kebolehannya dalam menyanyi. Beliau menyumbangkan 2 lagu, lagu pertama berjudul "Angin Malam" diiringi penampilan keyboard dan saxophone dari guru seni Bapak Daliman, S.Pd., serta lagu kedua lagu campursari berjudul "Gethuk" diiringi oleh iringan angklung dari bapak ibu guru dan karyawan SMK N 8 Semarang.

Selanjutnya, Kepala BKD Provinsi Jawa Tengah Drs. Wisnu Zaroh, M.Si selaku narasumber Pengembangan Kinerja Guru dan Karyawan dalam kegiatan Sosialisasi dan Workshop ini mengatakan bahwa kinerja guru berbanding lurus dengan peningkatan mutu pendidikan. Kinerja guru yang dimaksud meliputi kualitas kerja, ketepatan kerja, inisiatif dalam bekerja, kemampuan kerja, dan komunikasi. Kinerja guru merupakan aktualisasi dari kompetensi guru terkait dengan pengelolaan pembelajaran, penguasaan keilmuan, sikap atau kepribadian, dan interaksi sosial. Dalam pemaparannya, beliau juga menjelaskan tentang komposisi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sekarang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK), dimana nantinya semua ASN baik guru maupun non guru, komposisinya 30% PNS dan sisanya PPPK. Lebih lanjut secara detail beliau menjelaskan tentang perbedaan dan persamaan dari ASN dan PPPK tersebut.

Gayung bersambut dengan materi Pengembangan Kinerja Guru dan Karyawan, dilanjutkan materi tentang SKP dan PPK oleh pengawas pembina SMK N 8 Semarang Drs Pandoyo Edi Hartomo, M.Pd. Beliau memaparkan penjelasan teknis pembuatan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Prestasi Kerja (PPK).

Menutup kegiatan Sosialisasi dan Workshop pada hari pertama, diisi materi AKM Kelas oleh Yemi Maria Arbi, S.Pd. serta soal literasi dan numerasi oleh Elisabet Wijaya Prihandani, M.Pd.