SMK N 8 Semarang Raih Juara 1 Tingkat Nasional Bidang IT

SMK N 8 Semarang Raih Juara 1 Tingkat Nasional Bidang IT

Senin, 21 Februari 2022 | 09:50:24 WIB Diposting oleh : Admin Kesiswaan | Dibaca: 473 kali


Siswa SMK Negeri 8 Semarang berhasil menyabet juara 1 dalam kompetisi tingkat nasional DINACOM 2022 yang berlangsung secara daring pada hari Sabtu 19 Februari 2022 di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. 

 

DINACOM (Dinus Application Competition) adalah sebuah kompetisi di bidang teknologi informasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Dian Nuswantoro dengan tema “Striving the New Normal with Tech Innovation"

 

Aplikasi yang dilombakan merupakan aplikasi berbasis apps (web apps, mobile apps,desktop apps) dan UI/UX. Kompetisi yang ditujukan untuk pelajar seluruh Indonesia ini, menguji kemampuan dan kreativitas dalam merealisasikan aplikasi yang berbasis apps (web apps, mobile apps, desktop apps) dan UI/UX yang mampu menjawab masalah yang terjadi di lingkungan sekitar khususnya pada era new normal ini. 

 

Aplikasi "Ayang" karya dari tim Snapan Innovation berhasil mengantarkan siswa-siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ini mengalahkan para finalis lainnya. Tim di bawah bimbingan Ibu Yan Imanita Abdillah, S.Pd., yang terdiri dari Adhitya Yudha Pratama (XII RPL 3), Calvin Samuel Simbolon (XI RPL 1) dan Zidan Naufal Ariff (X PPLG 1) berkolaborasi secara "apik" dalam menciptakan aplikasi yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di era new normal seperti ini.

 

Aplikasi "Ayang" merupakan aplikasi yang berfokus ke permasalahan kesehatan khususnya kesehatan mental selama pandemi dan new normal. Keunggulannya adalah mampu memberikan penyelesaian permasalahan mental dari berbagai sektor, yaitu pola hidup dengan menarget aktivitas sehari-hari dan "diingetin oleh ayang". Selain itu juga mampu berkomunikasi dengan sharing group dan juga ekonomi dengan iklan produknya. Dalam ajang bergengsi ini, aplikasi tersebut mampu menjadi yang terbaik pada kategori UI/UX. 

 

Dengan adanya kejuaraan ini diharapkan dapat memotivasi siswa yang lain untuk terus berkarya dan berprestasi untuk mengharumkan nama almamater tercinta.