Berhasil Jebol Sistem Google, Hacker Indonesia dari SMK N 8 Semarang Ini Malah Dapat Hadiah 75 Juta

Berhasil Jebol Sistem Google, Hacker Indonesia dari SMK N 8 Semarang Ini Malah Dapat Hadiah 75 Juta

Kamis, 27 Januari 2022 | 07:52:24 WIB Diposting oleh : Admin Kehumasan dan Prakerin | Dibaca: 537 kali


Secanggih-canggihnya sistem keamanan Google akhirnya jebol juga. 

 

Adalah Abdullah Mudzakir, siswa SMK Negeri 8 Semarang yang menggeluti dunia hacking, lebih tepatnya pemburu cacat aplikasi (Bug Hunter) berhasil mengungkap kelemahan sistem keamanan Google dibalik kecanggihannya.

 

Siapa sangka, siswa berumur 17 tahun yang duduk di kelas XI RPL 2 SMK Negeri 8 Semarang ini menjadi peretas golongan putih alias White Hat Hacker.

 

Mudzakir, begitu akrab dipanggil, langsung dapat hadiah besar dari Google.Nasib mujur dialami Abdullah Mudzakir.

 

Bug Hunter Asal SMK N 8 Semarang ini mendapatkan hadiah $5000 setelah temukan celah di Google. Baru-baru ini temuan bug nya di Google dianggap valid, dan berhak mendapatkan reward dari Google sebesar $5000 atau senilai Rp 75 juta (kurs Rp 15 ribu per USD).

 

Dijelaskan oleh Abdullah Mudzakir, bahwa cacat aplikasi yang telah ditemukan tersebut seputar "Business Logic Flaw".

 

Prestasi Abdullah Mundzakir di bidang Keamanan Siber / Cyber Security tidak datang secara "ujug-ujug". Berawal dari kesukaannya di bidang tersebut, beberapa kali berhasil menorehkan prestasi, diantaranya Juara 2 Nasional Kompetisi Komunitas Siber TNI Angkatan Darat (KKS TNI-AD) Tahun 2021 bidang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat (Pussansiad).