Workshop Evaluasi dan Sharing Praktik Baik (Best Practice) Program SMK PK SMK N 8 Semarang

Workshop Evaluasi dan Sharing Praktik Baik (Best Practice) Program SMK PK SMK N 8 Semarang

Jumat, 31 Desember 2021 | 13:13:32 WIB Diposting oleh : Admin Kehumasan dan Prakerin | Dibaca: 738 kali


Ditunjuknya SMK Negeri 8 Semarang menjadi salah satu pelaksana program SMK Pusat Keunggulan Sektor Caregiver berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22/D/O/2021 Tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2021 Tahap I membuat perubahan besar pada perjalanan kegiatan di SMK Negeri 8 Semarang.

 

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud Tahun 2021 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya. 

 

Selaras dengan hal tersebut berbagai kegiatan untuk mendukung kegiatan tersebut sudah dilaksanakan oleh SMK Negeri 8 Semarang. Konsep 8+i yang didengungkan yang menitikberatkan peran dunia industri menjadi sesuatu yang harus dilaksanakan. Dan setelah hampir 1 tahun pelaksanaan program ini, maka tibalah waktunya untuk kegiatan terakhir yaitu evaluasi dan sharing best practice. 

 

Kegiatan evaluasi dan sharing best practice diawali dengan kegiatan “Workshop Evaluasi dan Sharing Praktik Baik (Best Practice) Pelaksanaan SMK Pusat Keunggulan” di SMK Negeri 8 Semarang. Kegiatan ini diadakan pada hari Selasa, 28 Desember 2021, di Aula SMK Negeri 8 Semarang. Hadir dalam kegiatan tersebut : Pengawas Pembina Bapak Drs Pandoyo, M.Pd., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Bapak Sunarto, Komite Sekolah Bapak Aris Suharyo, Perwakilan sekolah sekitar, Perwakilan DuDiKa.

 

Dalam paparan Best Practice nya, Kepala SMK Negeri 8 Semarang, Ibu Harti, S.Pd. M.Kom, menyampaikan perjalanan dan perjuangan mendapatkan program SMK PK yang dimulai dari program SMK CoE (Center Of Excellence) pada tahun 2020. 

 

Kepala SMK Negeri 8 Semarang juga memaparkan pencapaian yang telah dilaksanakan oleh SMK N 8 Semarang selama program SMK PK, kendala yang dihadapi dan rencana tindak lanjut untuk waktu mendatang.

 

Sementara itu Bapak Aris Suharyo, selaku Komite Sekolah mengapresiasi perkembangan pesat SMK Negeri 8 Semarang dan juga pelaksanaan program SMK PK yang berjalan lancar. 

 

Apresiasi juga disampaikan dari Perwakilan DuDiKa Wisma Lansia Harapan Asri Banyumanik Semarang. Di mana selama bekerjasama dengan SMK Negeri 8 Semarang, Siswa yang berpraktik di Wisma Lansia Harapan Asri tidak ada masalah dan bertugas secara baik serta kooperatif dalam menangani klien.

 

Selain dari eksternal, evaluasi juga berasal dari guru dan karyawan SMK Negeri 8 Semarang. Ada beberapa masukan dan kritikan membangun yang disampaikan oleh beberapa guru, baik guru senior maupun guru yunior.

 

Dari segala masukan, nantinya akan digunakan sebagai perbaikan dan peningkatan program pada tahun 2022.