Diklat Calon Asesor Kompetensi LSP SMK N 8 Semarang

Diklat Calon Asesor Kompetensi LSP SMK N 8 Semarang

Jumat, 31 Desember 2021 | 09:29:46 WIB Diposting oleh : Admin Kehumasan dan Prakerin | Dibaca: 375 kali


Upaya pengembangan SDM dan sistem penilaian berbasis kompetensi, mensyaratkan tersedianya Asesor Kompetensi sebagai salah satu komponen utama dalam proses penilaian terhadap tenaga kerja ataupun calon tenaga kerja.

 

SMK Negeri 8 Semarang yang merupakan SMK Pusat Keunggulan sebagai pencetak tenaga kerja berupaya menyiapkan tenaga-tenaga terampil pada masing-masing bidang keahlian yang mempunyai sertifikat kompetensi yang diakui secara Nasional maupun Internasional.

LSP SMK N 8 Semarang selaku LSP P1, terus berupaya memenuhi semua persyaratan yang diperlukan agar LSP P1 benar-benar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar.

 

Salah satu upaya adalah menambah jumlah asesor kompetensi. Hal ini dilakukan mengingat tingginya kebutuhan tenaga Asesor Kompetensi untuk mensertifikasi tenaga kerja ataupun calon tenaga kerja.  

 

Bertempat di Hotel Candi Indah Semarang, mulai tanggal 20 sampai dengan 24 Desember, LSP SMK N 8 Semarang mengadakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Calon Asesor yang dibimbing langsung oleh master asesor BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Bapak Ir Sumardi dan Ibu Dr. Faizah Munabari, M.Kes.. Sedangkan master asesor penguji oleh Bapak Didiek Susilo Tamtomo dan Ibu Hendrina Widiastuty.

 

Pelaksanaan diklat ini dibagi menjadi 2 tahap, yang pertama pelatihan calon asesor yang dilaksanakan selama 4 hari. Selama 4 hari tersebut, peserta diberikan materi pelatihan diantaranya: Pengenalan BNSP dan regulasinya, Merencanakan Aktivitas dan Proses Asemen, Mengembangkan Perangkat Asesmen, serta Melaksanakan Asesmen dan Memberikan Kontribusi Validasi Asesmen. Kemudian dilanjutkan dengan tahap selanjutnya, dimana peserta melakukan uji kompetensi untuk mendapatkan rekomendasi lisensi asesor ke BNSP oleh master asesor.

 

Adapun peserta Diklat Calon Asesor Kompetensi ini berjumlah 24 orang yang terdiri dari:

 

SMK Negeri 8 Semarang : 16 orang

SMK Negeri 1 Gesi Sragen : 2 orang

SMK Negeri 2 Purwodadi : 2 orang

SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal : 2 orang

SMK Negeri 1 Miri : 2 orang

 

Salam Kompeten!