PROFIL ALUMNI PEKERJA SOSIAL SMK NEGERI 8 SEMARANG

PROFIL ALUMNI PEKERJA SOSIAL SMK NEGERI 8 SEMARANG

Sabtu, 25 Desember 2021 | 17:54:53 WIB Diposting oleh : Admin Kehumasan dan Prakerin | Dibaca: 127 kali


Adik-adik kelas Pekerjaan Sosial, kita kenalkan lagi alumni tahun 1989 mungkin adik-adik belum lahir kan...tidak apa ya perlu tahu juga bagaimana perjuangan Bapak Sukandar, SST. MPSSP ini menjadi relawan di pedalaman Kalimantan perlu kita acungkan jempol, sayangnya hanya sedikit kisahnya tapi dari keterbatasan ini semoga menjadi pemicu dan motivasi bagi adik-adik yang sedang menimba ilmu di SMKNegeri 8 Semarang terkhusus Pekerjaan Sosial, dan juga buat adik-adik program keahlian lainnya.

Beliau adalah Bapak (kita panggil Bapak saja) Sukandar, SST, MPSSP. Sayangnya tidak mengirimkan identitas tempat tanggal lahir, beliau hanya mengirimkan identitas alumni SMPS (Sekolah Menengah Pekerja Sosial) nama dahulu sebelum namanya menjadi SMK Negeri 8 Semarang (kalau tidak salah pemberlakuan SMK mulai tahun 1998).  

Tamat dari SMPS Bapak Sukandar mengikuti Program Pemerintah yaitu Program Satuan Tugas Sosial (PSTS) dari Departemen Sosial, ditugaskan di daerah pedalaman dan perbatasan Kalimantan Timur tepatnya Kecamatan Nunukan Kabupaten Bulungan, bisa dibayangkan ya adik-adik pada tahun 1989 bertugas di pedalaman tentunya keterbatasan sarana prasarana sangat dominan, meskipun menerima gaji sebagai jaminan hidup hanya Rp. 45.000 per bulan, keterbatasan sarana prasarana tidak menjadi kendala bagi Bapak Sukandar. Dengan kerja kerasnya sebagai relawan sosial akhirnya Bapak Sukandar ditugaskan sebagai Pioner pembangunan Kesejahteraan sosial. Perjuangan tidakhanya sampai disini sebelum penugasan beliau harus Mengikuti pelatihan dan ketrampilan penunjang sebagai bekal dilapangan secara semi militer di Kodam Brawijaya Malang.

Berkat kegigihannya Bapak Sukandar bisa menjadi PNS di Dinas Sosial di Kalimantan sana serta dapat fasilitas untuk melanjutkan kuliah S1 serta S2, bukan tanpa cucuran keringat dan berdarah-darah istilahnya untuk meraih harapan yang lebih tinggi. 

Pesan dari Pak Sukandar untuk adik-adik kelas sebagai Pekerja Sosial harus siap terhadap lapangan kerja yang ada dan sesuai dengan ilmu pengetahuan yang didapat, dengan mengambil program keahlian Pekerja Sosial maka profesi utama aktivitas yang dilakukan secara profesional yaitu untuk memberikan pertolongan kepada individu, kelompok hingga masyarakat, memberikan perlindungan sosial, meningkatkan ketahanan dan kemandirian  sosial. Jangan takut untuk menjalankan Praktek Kerja Lapangan di luar daerah, tetap semangat dan sukses.