Workshop Pelaksanaan Komitmen DUDIKA untuk Rekruitmen dan Penyaluran Lulusan, Penguatan Kemitraan

Workshop Pelaksanaan Komitmen DUDIKA untuk Rekruitmen dan Penyaluran Lulusan, Penguatan Kemitraan

Senin, 15 November 2021 | 08:03:29 WIB Diposting oleh : Admin Kehumasan dan Prakerin | Dibaca: 115 kali


Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Semarang mengadakan Workshop Pelaksanaan Komitmen DUDIKA untuk Rekruitmen dan Penyaluran lulusan pada SMK Pusat Keunggulan, hari Rabu 28 Oktober 2021 di Perpustakaan  SMK Negeri 8 Semarang. Adapun tujuan dilaksanakannya workshop adalah  :

  1. Adanya komitmen IDUKA untuk rekruitmen dan penyaluran lulusan, serta pemanfaatan fasilitas bersama.
  2. Menambah wawasan tentang kebijakan Pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah  dalam rangka peningkatan mutu SMK untuk penyaluran lulusannya melalui penempatan tenaga kerja ke luar negeri.
  3. Menambah wawasan tentang peluang wirausaha setelah lulus dari SMK, melalui kursus-kursus dan pelatihan gratis yang ditaberikan oleh DUDIKA kepada SMK Negeri 8 Semarang
  4. Menambah wawasan peluang study lanjut calon lulusan dengan memanfaatkan tawaran beasiswa kuliah sambil bekerja dari Perguruan Tinggi.

Mitra DUDIKA yang digandeng pada workshop tersebut antara lain dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jateng (Subianto, SE.), Universitas Duta Bangsa Surakarta  (Mustai’n, S.Kep.), Salon Ratu Kecantikan  (R.Ay. Siti Juhanah, SH.).

Kegiatan Workshop dibuka oleh Ibu Harti, S.Pd, M.Pd Selaku Kepala SMK Negeri 8 Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan mitra DUDIKA, dan perwakilan siswa Kelas XII Perawatan Sosial, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Teknik Komputer Jaringan, dan Caregiver.

Dengan adanya workshop ini sekolah perlu membekali siswa dengan hard skill yakni digitalisasi dan soft skill yakni budaya kerja. Kemudian dengan adanya workshop ini juga SMK Negeri 8 Semarang diharapkan dapat mempererat hubungan dengan stakeholder dan dapat menyalurkan lulusannya ke DUDI yang telah bekerja sama dengan SMK Negeri 8 Semarang. Kerja sama yang kuat dari berbagai pihak sangat dibutuhkan guna menciptakan SDM unggul di berbagai bidang kerja.