IDOLA, Visi SMK 8 Semarang

IDOLA, Visi SMK 8 Semarang

Kamis, 28 Oktober 2021 | 09:28:56 WIB Diposting oleh : Admin Sarpras dan Ketenagaan | Dibaca: 642 kali


“All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them.” (Walt Disney) Semua impian kita dapat menjadi nyata jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya. Siapa yang boleh bermimpi? Bagaimana caranya agar kita memiliki keberanian mengejar mimpi? Setiap orang boleh bermimpi, jangan takut bermimpi,  mimpi itu gratis. Bahkan setiap organisasi harus punya impian yang dikenal dengan istilah visi orgainsasi.

Visi SMK N 8 Semarang adalah mewujudkan lulusan yang kompeten dan berkarakter IDOLA (Inovatif, Disiplin, Kolaboratif) serta berwawasan lingkungan. Lulusan yang kompeten sesuai kompetensi keahlian Keperawatan Sosial (PS), Rekayasa Perangkat Linak (RPL), Multimedia (MM), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), serta si bungsu Care Giver (CG). Karakter inovatif adalah  pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas di dalam tatanan organisasi tertentu. Disiplin adalah sikap dan perilaku mematuhi norma yang berlaku. Sedang kolaborasi adalah kemampuan bekerja sama untuk memberi kontribusi dalam organisasi.

Pencapaian visi untuk menjadi kenyataan di SMK N 8 Semarang diperlukan strategi. Penjabaran visi menjadi misi dan lebih lanjut menjadi tujuan sekolah. Visi adalah suatu gambaran dari masa depan yang real dan mampu diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Misi merupakan langkah dalam mewujudkan sebuah visi. Tujuan merupakan capaian yang bisa diukur serta merupakan terjemahan dari visi, misi dan nilai-nilai yang dianut. Pencapaian tujuan melalui program kerja sekolah dalam jangka pendek berupa program tahunan dan jangka menengah program empat tahunan.

Program-program unggulan selama tahun 2020 sampai dengan 2021 di antaranya adalah Program Secangkir Ilmu yaitu guru mengajar melalui chanel you tube N8TV. Program ini mampu menjawab kebutuhan pembelajaran daring selama pandemic covid 19. Bahkan dapat dimanfaatkan di masa sudah normal. Di N8 TV juga ada program pengembangan bakat siswa berupa Music Pandemic serta publikasi kegiatan-kegiatan sekolah. Tak kalah inovatif  yaitu program Podcast Suara8 dengan sekmen milenial berupa obrolan dengan senior/ alumni, dengan ahli, dengan industri berupa program Ngobras, Ngopi Sik, Ngabari, Carli. Untuk melatih terampil komunikasi dengan Bahasa Jepang, Inggris dan Jawa ada program Pera-pera Nihonggo, Chit Chat With Us, Gineman Gayeng.

Selain program berbasis medsos di atas, sekolah juga mengembangkan lingkungan yang menyenangkan baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Pengembangan lingkungan fisik dengan dinding mural bertema budaya kerja pada dinding pagar, dinding kelas bahkan ternit kelaspun ada tema mural inspiratifnya. Mural pertama dan kedua  karya lomba siswa kegiatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2020  dan 2021. Adanya taman Idola menjadi tempat konser mini seminggu dua kali. Menjadi tempat ngobrol siswa, guru, karyawan bahkan sebagai tempat menerima tamu. Gus Marlock founder Peduli SMK salah satu tamu yang memilih taman Idola belakang untuk berdiskusi tentang peluang SMK berwirausaha. Taman idola adalah taman terbuka di sudut-sudut sisa ruang dengan tempat duduk dikelilingi bunga-bunga.

Pengembangan lingkungan sosial yang menyenangkan melalui workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang diharapkan mampu diterapkan dalam praktik pembelajaran yang menyenangkan didukung oleh manajerial yang menyenangkan. Meliputi program Julisera (Jum’at Lima Ribu Simpanan Hari Raya), Imaba (Infak Jum’at Barokah), Jumat Rohani, dan Jum’at Sehat. Guru sangat aktif mengikuti kegiatan pengembangan profesi berupa workshop penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penyusunan Best Practice. Karyawan mengikuti diklat Ketatausahaan, dan Midle Cleaning Servise bagi tenaga kebersihan.

Buah kolaborasi melaksanakan program-program sekolah membuahkan hasil berupa prestasi juara 1 tingkat provinsi Jawa Tengah LKS Cloud Computing tahun 2021 bersiap maju ke tingkat nasional. Juara 1 tingkat provinsi Jawa Tengah LKS Social Cervise tahun 2020 meraih juara 4 tingkat nasional. Juara 3 pada tahun 2021. Juara 1 LKS tingkat Kota Semarang LKS Teknik Jaringan, dan IT Software for Business. Juara 1 Lomba Fotografi tingkat nasional dan juara 3 lomba fotografi tingkat provinsi.

Kolaborasi dengan orang tua, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta dengan  Kemendikbudristek, Iduka berusaha terus dikembangkan. Tahun 2020 SMK N 8 mendapat kepercayaan dari Direktorat SMK sebagai SMK COE (Centre of Excellent) sector Care Giver dengan bantuan tempat praktik siswa berupa Wolu Senior Hotel (WSH). Dilanjutkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) tahun 2021 dengan program pengembangan sumber daya manusia. Harapannya  SMK N 8 Semarang mampu mengantar lulusan untuk siap berwirausaha, bekerja atau melanjutkan kuliah. Terima kasih

Harti, S.Pd, M.Kom