Rencana Aksi SMK N 8 Semarang Menuju SMK Pusat Keunggulan Sektor Caregiver Tahun 2021

Rencana Aksi SMK N 8 Semarang Menuju SMK Pusat Keunggulan Sektor Caregiver Tahun 2021

Kamis, 25 Maret 2021 | 06:42:08 WIB Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 3502 kali


SMK Negeri 8 Semarang dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan yang selaras dengan tujuan pendidikan nasional selalu berupaya untuk mengembangkan potensi dan sumber daya sekolah yang ada.

Visi SMK Negeri 8 Semarang yaitu terwujudnya lulusan yang kompeten, berkarakter IDOLA (Inovatif Disiplin Kolaboratif). Sedangkan Misi Kompetensi Keahlian Care Giver adalah menyiapkan lulusan care giver yang berstandar Internasional berkarakter IDOLA.

Jumlah seluruh siswa SMK Negeri 8 Semarang sebanyak 1309 siswa, khususnya untuk kompetensi keahlian Care Giver sebanyak 175 siswa dan kompetensi keahlian Keperawatan Sosial sebanyak 244 siswa.

Kompetensi Keahlian Care Giver sebagai anak sulung di Indonesia berkomitmen menyiapkan tenaga care giver utamanya untuk tujuan Jepang. 13 lulusan mengikuti pelatihan Bahasa jepang di LPK yang tidak terstandar ternyata terdapat kendala biaya dan legalitas hukum, dan kualitas pelatihan dan sampai sekarang belum berangkat ke Jepang. Untuk itu tahun 2020 sebanyak 25 lulusan 2020 dan 2 guru mengikuti program pelatihan N4 dan Spesifik Skill Worker di PT Kobamirai Japan.

Sebagai CoE Care Giver tahun 2020 terbangun Wolu Senior Hotel dengan fasilitas 4 kamar dilengkapi cafe. Memperkuat kurikulum berstandar industri dan pembelajaran berbasis projek dengan memanfaatkan Wolu Senior Hotel sebagai fasilitas pembelajaran.

Guru dan siswa magang minimal 1 semester di iduka terstandar. Sertifikasi lulusan akan dilakukan dengan menggunakan LSP SMKN 8 Semarang akan dikembangkan dengan LSP 3 SKKNI yang sudah ditetapkan oleh BNSP Untuk mendukung keterserapan lulusan akan mengembangkan Kerjasama dengan BP2MI dan iduka lain minimal 50 jam.

Pengembangan Kerjasama dengan 10 iduka yang berstandar nasional dan internasional. Kami menargetkan 80 % peserta didik caregiver terserap di iduka, 10% berwirausaha dan 10% melanjutkan ke perguruan tinggi.

SMK Negeri 8 Semarang akan meningkatkan kerjasama dengan iduka berstandar nasional minimal 15 iduka, dan hal ini sudah didukung oleh komite sekolah yang akan menjembatani dengan iduka. Untuk itu SMK Negeri 8 Semarang mengajukan bantuan SMK Pusat Keunggulan sektor Care Giver.

#VideoSeleksiSMKPK