OSIS SMK Negeri 8 Semarang Selenggarakan PEMILOS Secara Online

OSIS SMK Negeri 8 Semarang Selenggarakan PEMILOS Secara Online

Senin, 21 Desember 2020 | 08:43:00 WIB Diposting oleh : Humas SMKN 8 Semarang | Dibaca: 381 kali


Selasa 15 Desember 2020, OSIS SMK Negeri 8 Semarang mengadakan agenda tahunan yaitu Pemilihan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pemilos). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana penyelenggaraan Pemilos dilakukan secara langsung secara tatap muka, untuk tahun ini Pemilos dilaksanakan secara online dikarenakan masih di masa pandemi. 

 

Terobosan inovasi pun dilakukan oleh pengurus OSIS dengan mengembangkan aplikasi Pemilos secara online. Aplikasi Pemilos Online ini, dikembangkan dan dimodifikasi oleh Tim Pemilos antara lain oleh siswa bernama Arindra Rifky Saputra (XII RPL 3), Bagus Dwi A.S. (XII RPL 3), Irgo Satya G. (XII TKJ 1), Ayudhia Viandra S. (XII TKJ 1), dan Nida Nur Hasanah (XII MM 3). Adapun untuk mengembangkan dan memodifikasi aplikasi ini, diselesaikan dalam waktu 6 Hari.

 

Dengan arahan dari Kepala SMK Negeri 8 Semarang Ibu Harti, S.Pd., M. Kom, dan Waka Kesiswaan Dra. Nur Rubiatin, Pemilos tahun ini di digawangi oleh Ketua Panitia Pemilihan Umum (KPPU) Arindra Rifky Saputra dari kelas XII RPL 3. 

 

Di tahun ini, terdapat 3 pasangan calon yang akan maju sebagai calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS. Pasangan calon nomor 1 Mohammad Rafi B.I (XI MM 2) dan Aufina Hidayati (X TKJ 2), pasangan calon nomor 2 Reyval Abdi N (XI TKJ 3) dan Nur Fitriah M (X MM 3), serta pasangan calon nomor 3 Naufal Adam (XI RPL 1) dan Arreva Afsar N (X PS 2).

 

Dalam pelaksanaan Pemilos Online ini, adapun jumlah pemilih dari guru yang terdaftar dalam DPT sejumlah 90 Pemilih dan guru yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 78 Pemilih atau sebesar 86,67 % dari jumlah DPT guru. Sedangkan untuk jumlah pemilih dari siswa dalam yang terdaftar dalam DPT sejumlah 1309 Pemilih dengan siswa yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 1097 pemilih atau sebesar 83,80% dari jumlah DPT siswa. 

 

Pemilos dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diawali acara pembukaan secara daring melalui instagram Daily Snapan yang dikelola oleh OSIS SMK Negeri 8 Semarang. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pelaksanaan pemilihan yang terbagi dalam beberapa sesi mulai dari pukul 08.15 - 13.00 WIB. 

 

 

Dari pelaksanaan pemilihan diperoleh hasil sebagai berikut:

1. Paslon nomor 1 Mohammad Rafi B.I (XI MM 2) dan Aufina Hidayati (X TKJ 2) memperoleh 414 Suara. 

2. Paslon nomor 2 Reyval Abdi N (XI TKJ 3) Nur Fitriah M (X MM 3) memperoleh 279 Suara. 

3. Paslon nomor 3 Naufal Adam (XI RPL 1) dan Arreva Afsar N (X PS 2) memperoleh 482 Suara.

Sedangkan jumlah pemilih yang tidak memakai hak pilihnya sejumlah 224 Pemilih

 

Dari hasil tersebut di atas, pasangan calon nomor 3 Naufal Adam (XI RPL 1) dan Arreva Afsar N (X PS 2) menjadi pasangan Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih dengan hasil perolehan 482 Suara.


0 Komentar :