Melaju ke Tingkat Nasional, SMK N 8 Semarang Juara III Nasional Pencak Silat

Melaju ke Tingkat Nasional, SMK N 8 Semarang Juara III Nasional Pencak Silat

Kamis, 03 Desember 2020 | 10:45:01 WIB Diposting oleh : Humas SMKN 8 Semarang | Dibaca: 382 kali


Wafiq Lana Pradana, siswa SMK N 8 Semarang kelas XII TKJ 2 berhasil menyabet Juara III Tingkat Nasional Kejuaraan Seni Pencak Silat Kategori Tunggal Putra SMK pada Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Jenjang SMK yang dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2020 – 21 November 2020. Setelah sebelumnya, Wafiq memperoleh juara 1 di tingkat Kota Semarang dan juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah, sehingga berhak mewakili Jawa Tengah untuk berlaga di tingkat nasional.

 

Hal tersebut diumumkan melalui Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 2802/J3/KP/2020 tentang penetapan pemenang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SMK secara daring tahun 2020 tertanggal 25 November 2020. Berdasarkan keputusan tersebut Wafiq berhak untuk menerima medali perunggu, sertifikat penghargaan dan bantuan pembinaan.

 

Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) jenjang SMK tahun 2020 ini adalah program yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan lembaga pemerintah yang menyelenggarakan berbagai lomba sebagai ajang talenta bagi peserta didik.

 

Pelaksanaan Kompetisi Olahraga tingkat Nasional tahun 2020 jenjang SMK berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan dilakukan secara daring/online. Hal ini terjadi karena pandemi Covid-19 belum juga mereda sampai saat ini, yang mengharuskan peserta didik belajar dari rumah. Pandemi Covid-19 bukanlah menjadi halangan untuk peserta didik untuk berprestasi dari rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetap memberi kesempatan bagi peserta didik untuk menunjukkan prestasinya dalam Kompetisi Olahraga Tingkat Nasional Jenjang SMK.


Wafiq Lana Pradana terjun pada kejuaraan pencak silat kategori tunggal putra SMK, dimana Wafiq Lana Pradana memperagakan kemahirannya dalam Jurus Tunggal Baku secara benar, tepat dan mantap, penuh penjiwaan, dengan tangan kosong dan bersenjata serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori tunggal.

 

Wafiq Lana Pradana menampilkan Jurus Tunggal Baku selama 3 (tiga) menit terdiri dari gerakan tangan kosong dan selanjutnya menggunakan senjata berupa golok dan toya. Jurus Tunggal Baku diperagakan menurut urutan gerak, kebenaran rincian teknis jurus tangan kosong dan bersenjata, irama gerak, kemantapan dan penjiwaan yang ditetapkan untuk jurus ini.

 

Penjurian dalam Pertandingan Pencak Silat ini,  dilaksanakan oleh para Juri yang telah mempunyai sertifikat Wasit-Juri Pencak Silat dengan Kualifikasi Tingkat Nasional. Penentuan personalia Delegasi Teknik, Asisten Delegasi Teknik, Ketua Pertandingan, Dewan Wasit Juri dan Wasit Juri ditetapkan dan disahkan oleh PB. IPSI dengan Surat Tugas .


0 Komentar :