Adaptasi Tatanan Baru, MPLS SMK N 8 Semarang Terapkan Protokol Kesehatan

Adaptasi Tatanan Baru, MPLS SMK N 8 Semarang Terapkan Protokol Kesehatan

Selasa, 28 Juli 2020 | 11:20:56 WIB Diposting oleh : Humas SMKN 8 Semarang | Dibaca: 109 kali


Memasuki tahun ajaran baru sebagian pihak sekolah di Kota Semarang Jawa Tengah mulai melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS adalah ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan sekaligus sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah.

Namun dalam pelaksanaan MPLS, sekolah melakukan prosedur kesehatan sangat ketat di tengah masih merebaknya virus Covid 19. Seperti yang terlihat di SMK Negeri 8 Kota Semarang, pelaksanaan MPLS pada hari pertama dilaksanakan secara tatap muka, kemudian pada hari selanjutnya dilaksanakan dengan sistem daring penuh. Setiap siswa yang mengikuti MPLS tatap muka langsung wajib menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan melewati antiseptik chamber sebelum masuk lingkungan sekolah.

Di hari pertama pelaksanaan MPLS sekaligus hari pertama tahun ajaran baru 2020-2021, siswa baru yang diterima di SMK N 8 Semarang diberikan pengarahan sekaligus pengenalan lingkungan sekolah. Dalam perencanaan pelaksanaan kegiatan tersebut, sebelumnya pihak sekolah sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Gugus Tugas Covid 19 kemudian memberitahukan ke orang tua siswa mengenai perizinannya.

Agar tidak terjadi kerumunan kegiatan MPLS di hari pertama, maka setiap peserta didik  mulai datang di SMK N 8 Semarang sampai pulang, maksimal dibatasi hanya 2 jam saja. Sehingga untuk pelaksanaan MPLS pada hari pertama dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi 1 pukul 07.00-09.00 WIB, sesi 2 pukul 10.00-12.00 WIB dan sesi 3 pukul 13.00-15.00 WIB. Kemudian pada hari berikutnya dilaksanakan secara daring penuh.

Dengan mengusung tema “Belajar Untuk Masa Depanku, Belajar Tanpa Batas Ruang dan Waktu”, kegiatan ini sarat dengan materi. Mulai pengenalan lingkungan sekolah secara umum, pengenalan masing-masing kompetensi keahlian, pembelajaran jarak jauh, pengenalan ekstra kurikuler sekolah serta pengenalan unit produksi.


0 Komentar :