Sinkronkan Kurikulum Berbasis Industri 4.0 pada Tatanan Normal Baru, SMKN 8 Semarang Gelar Workshop

Sinkronkan Kurikulum Berbasis Industri 4.0 pada Tatanan Normal Baru, SMKN 8 Semarang Gelar Workshop

Selasa, 30 Juni 2020 | 08:47:21 WIB Diposting oleh : Humas SMKN 8 Semarang | Dibaca: 239 kali


Pandemi Covid-19 kini memaksa hampir semua penduduk dunia melakukan perubahan dan menjalani new normal (normal baru), termasuk dalam dunia pendidikan. Hal tersebut juga memacu SMK N 8 Semarang untuk melakukan perubahan dan sinkronisasi dengan menyiapkan kurikulum berbasis kurikulum berbasis industri 4.0 pada tatanan normal baru dan aman covid, selain penyiapan sarana prasana serta SOP  yang telah berjalan dalam menghadapi normal baru. Penyiapan perubahan dan sinkronisasi tersebut dikemas dalam kegiatan “Workshop Sinkronisasi Kurikulum Berbasis Industri 4.0 pada Tatanan Normal Baru dan Aman Covid”

Menyanyikan indonesia raya

SMK N 8  Semarang menggelar kegiatan workshop tersebut diikuti oleh semua guru SMK N 8 Semarang, bertempat di aula  besar SMK N 8 Semarang dengan menerapkan protokol Kesehatan Covid 19. Kegiatan dimulai pada hari Senin 29 Juni 2020 dan berlanjut pada tanggal 30 Juni 2020, serta 8-10 Juli 2020. Workshop yang diikuti sekitar kurang lebih 70 orang peserta ini menghadirkan beberapa Narasumber diantaranya Dr. Hari Wuljanto, S.Pd., M.Si., Drs. Warsito, Harti, S.Pd., M.Kom., Drs. Sodiq Purwanto, M.Pd, Susi Juwita Budhiharti, S.Pd., M.Pd., dan Dimas Zafir Hasmi, S.Pd.

Peserta workshop

Workshop dibuka oleh Pengawas SMK N 8 Semarang Drs Warsito. Dalam sambutannya Pengawas SMK N 8 Semarang menyampaikan apresiasi atas progress eKTSP. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat membutuhkan adaptasi di semua bidang termasuk bidang pendidikan. Adaptasi terhadap perkembangan teknologi harus diikuti dengan pengembangan kurikulum termasuk di lingkungan SMK N 8 Semarang.

Kabid SMK Disdikbud Jateng Dr. Hari Wuljanto, S.Pd., M.Si. menyampaikan materi

Materi workshop terdiri atas 7 topik, yaitu (1) Supervisi PJJ; (2) Kebijakan Disdikbud Provinsi Jawa Tengah tentang PJJ; (3) RPP pada PJJ; (4)Sinkronisasi Kurikulum dengan DU/DI; (5) Sinkronisasi Perangkat Pembelajaran dengan Dudi; (6) Pemantauan Pembelajaran Jarak jauh; dan (7) Pembuatan Media Pembelajaran.

Kepala SMK N 8 Semarang Harti, S.Pd., M.Kom, menyampaikan materi

Materi pertama diberikan oleh Pengawas SMK N 8 Semarang tentang pelaksanaan supervisi PJJ. Materi kedua disampaikan oleh Kabid SMK Disdikbud Jateng sekaligus PLT Kepala Cabdin I Disdikbud Jawa Tengah Dr. Hari Wuljanto, S.Pd., M.Si. mengenai Kebijakan Disdikbud Provinsi Jawa Tengah tentang PJJ.Materi ketiga diberikan langsung oleh Kepala SMK N 8 Semarang Harti, S.Pd. M.Kom. mengenai RPP pada pembelajaran jarak jauh. Untuk materi berikutnya disampaikan oleh narasumber pada pertemuan workshop hari selanjutnya,


0 Komentar :