Revolusi Industri 4.0, SMK N 8 Semarang Selenggarakan Penilaian Akhir Semester Berbasis Android

Revolusi Industri 4.0, SMK N 8 Semarang Selenggarakan Penilaian Akhir Semester Berbasis Android

Kamis, 28 November 2019 | 10:38:36 WIB Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 41 kali


Dalam rangka memasuki era industri 4.0., digitalisasi pembelajaran adalah sebuah keniscayaan yang tidak terelakkan. Untuk itu SMK N 8 Semarang mulai dari proses pembelajaran sampai dengan penilaian, sudah menggunakan sentuhan Information Technology (IT).

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal untuk tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Setidaknya itu yang dirasakan oleh 1.301 siswa SMK Negeri 8 Semarang.

Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 ini, PAS dilakukan dengan menggunakan perangkat smartphone (Android Based Test). Ada 28 ruangan yang telah dipasang WIFI untuk pelaksanaan PAS ini.

Terdapat banyak kelebihan dari pelaksanan Android Based Test ini diantaranya lebih efektif dan efisien. Dengan aplikasi ABT maka hasil pekerjaan siswa bisa langsung diketahui oleh guru. Hasilnya sudah pasti lebih akurat dan cepat. Selain itu, sekolah hemat dalam biaya untuk penggandaan soal, dikarenakan penggunaan kertas sangat berkurang. Hal itu berarti dapat mengurangi limbah kertas.

Selain lebih memudahkan para siswa untuk mengerjakan soal, dengan menggunakan aplikasi ujian di smartphone, juga meminimalkan terjadi kecurangan, karena soal diacak. Siswa tidak bisa membuka aplikasi pencarian google karena aplikasi sudah dikunci, jadi ketika login pengerjaan soal mereka tidak bisa membuka aplikasi apapun selain aplikasi ujian. Selain itu, pelaksanaan ABT ini dilakukan secara offline, tidak terhubung dengan internet.

Pelaksanaan PAS ini berlangsung selama 10 hari sejak Kamis, 21 November 2019 sampai dengan Rabu, 4 Desember 2019. Pelaksanaan PAT berbasis Android bagi siswa tidak memiliki kendala berarti. Pasalnya, seluruh peserta ujian telah menggunakan smartphone berbasis Android. Selain itu, SMK N 8 Semarang telah terbiasa melaksanakan Tes Berbasis Komputer pada Try Out UN dan Ujian Nasional untuk kelas XII pada tahun-tahun sebelumnya.


0 Komentar :