Persiapkan Peserta Didik SMKN 8 Semarang adakan Try Out UN Berbasis Komputer

Persiapkan Peserta Didik SMKN 8 Semarang adakan Try Out UN Berbasis Komputer

Senin, 13 Februari 2017 | 13:24:53 WIB Diposting oleh : Administrator | Dibaca: 368 kali


Untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2017 SMKN 8 Semarang mempersipakan peserta didik dengan mengadakan Try Out berbasis komputer yang dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 26 s/d 31 Januari 2017. Try out ini diikuti oleh seluruh kelas XII dari program keahlian Perawatan Sosial, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, dan Teknik Komputer dan Jaringan yang semuanya berjumlah 366 Peserta didik. Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris dan teori kejuruan.

Try out kali ini menggunakan sistem lokal (intranet) yang terhubung dengan masing-masing server di lab. Panitia telah menyediakan enam laboratorium dimana masing-masing laboratorium tersedia 36 unit komputer. Untuk mengakses soal peserta didik harus melakukan log in dengan cara memasukkan username dan password yang telah di registrasi oleh panitia try out. Setelah log in peserta didik dapat mulai mengerjakan soal sesuai dengan durasi waktu yang telah disediakan. Diakhir pengerjaan peserta didik dapat langsung melihat hasil pekerjaannya.

Sistem tes berbasis komputer ini dikembangkan oleh Rahadi T Prasetyo, S.Pd yang dirasa memiliki banyak kelebihan dan lebih efektif dibandingkan dengan sistem tes berbasis kertas. Karena dapat menghemat biaya penggandaan lembar soal dan lembar jawab serta pengoreksian bisa dilakukan secara otomatis sehingga tidak memerlukan pengoreksian manual. Namun begitu tentu saja masih ada beberapa kelemahan menggunakan sistem ini. Diantaranya adalah mata menjadi agak pedas karena terlalu lama menghadap monitor komputer. Semoga saja kedepan pelaksanaan tes berbasis komputer atau internet ini tidak hanya diterapkan pada saat try out ataupun ujian nasional namun bisa juga diterapkan pada tes ulahan harian, mid semester dan tes akhir semester. Untuk merealisasikan hal tersebut tentu harus dilengkapi ketersediaan fasilitas pendukung yaitu komputer atau laptop yang memadai sesuai dengan jumlah siswa.


0 Komentar :

Tinggalkan Balasan

Silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan santun. *

(Masukkan 6 kode berikut)